Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (BAN-PT Kemenristekdkiti) mengirimkan satu timnya pada Senin (15/7) untuk melakukan asesmen lapangan ke Program Studi Teknik Mesin (S1) Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung.

Bertempat di Ruang Rapat di Gedung Rektorat Kampus R.M. Barusman, asesmen lapangan dilaksanakan pada hari senin-selasa tanggal 15-16 Juli 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk verifikasi, validasi dan klasifikasi terhadap data dan informasi yang tertera pada Laporan Evaluasi Diri (LED) serta melakukan penilaian lapangan di program studi S-1 Teknik Mesin.

Tim asesor BAN-PT tersebut yaitu Dr. Ing. Ir. Wahyu Haryadi Piarah, MSME. dari Universitas Hasanudin Makassar dan Dr. Ir. Suhanan, DEA dari Universitas Gadjah Mada.
Kegiatan dibuka dengan perkenalan dan penandatanganan pernyataan Asesmen Lapangan. Dilanjutkan dengan mengunjungi ruang kelas, ruang dosen, laboratorium dan sarana prasarana program studi S-1 Ilmu Komputer.
Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan kriteria A, B, C1-C9, dan D yang dilakukan oleh tim asesor, pimpinan program studi, lembaga penelitian, pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS), bagian kemahasiswaan, bagian keuangan, dan bagian sarana prasarana. Selanjutnya, wawancara dengan dosen dan tenaga kependidikan dilakukan oleh tim asesor. Selain itu, wawancara dengan mahasiswa, alumni, pengguna lulusan dilakukan untuk melihat interaksi mahasiswa sebagai objek dari universitas.
Kegiatan ditutup dengan penyerahan draf berita acara asesmen lapangan kepada pimpinan UPPS untuk ditinjau kembali, penandatanganan berita acara asesmen lapangan dan penyampaian umpan balik serta saran pembinaan untuk program studi Teknik Mesin.