Kamis (14/11), Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin UBL menyelenggarakan Seminar SOLIDWORKS bertema “Make Your ideas Happen with”. Seminar bertempat di Aula Gedung F Kampus R.M. Barusmas Universitas Bandar Lampung dan diikuti oleh mahasiswa teknik UBL.
Bapak Rudy Subianto, B.Sc dari Direktur PT. Prosinergi Multitama sebagai pembicara pertama, menyampaikan tentang pemanfaatan computer-aided design dan computer-aided engineering program di dunia keteknikan. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Bapak Gibran Rausyanfikri, S.T. mengenai kelebihan software SOLIDWORKS.

SOLIDWORKS, solid modeling computer-aided design dan computer-aided engineering program, adalah salah satu opsi perangkat lunak paling populer untuk engineer mekatronik.

SOLIDWORKS digunakan untuk mengembangkan sistem mekatronik dari awal hingga akhir. Pada tahap awal, perangkat lunak digunakan untuk perencanaan, ide visual, pemodelan, penilaian kelayakan, pembuatan prototipe, dan manajemen proyek. Perangkat lunak ini kemudian digunakan untuk merancang dan membangun elemen mekanik, listrik, dan perangkat lunak. Akhirnya, perangkat lunak dapat digunakan untuk manajemen, termasuk manajemen perangkat, analitik, otomatisasi data, dan layanan cloud.