Bandar Lampung – mahasiswa Teknik Mesin kembali yang meraih juara dalam Lomba Inovasi Daerah Provinsi Lampung Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung. Pada acara pengumuman dan penyerahan penghargaan Lomba Inovasi Daerah Provinsi Lampung Tahun 2023 di Hotel Emersia Bandar Lampung, tim mahasiswa teknik Mesin UBL meraih juara III untuk kategori peneliti. Prestasi ini merupakan bukti nyata dari dedikasi, kreativitas, dan kerja keras yang telah ditunjukkan oleh para mahasiswa Teknik Mesin Universitas Bandar Lampung. Tim mahasiswa Teknik Mesin UBL yang terdiri dari Dandi Efendi, Muhammad Adam Permana Anwar, dan Rahmat Zakaria,  berhasil memukau para juri dengan inovasi mereka yang berfokus pada Automatic Guided Vehicle (AGV) sebagai Robot Pemindah Barang. Inovasi ini tidak hanya menunjukkan keunggulan teknis tetapi juga potensi penerapannya dalam mengatasi masalah-masalah lokal yang dihadapi masyarakat.

Kegiatan penganugerahan tersebut dilaksanakan, Balitbangda Provinsi Lampung bersamaan dengan talk show “Talenta Riset Dan Inovasi Untuk Lampung Sejahtera” dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi (Hakteknas) ke-28 Provinsi Lampung. Lomba Anugerah Inovasi Daerah (MBRIO) Provinsi Lampung Tahun 2023, diikuti 18 tim dalam 3 kategori yaitu peneliti, pelajar, dan umum.

Kepala Balitbangda Provinsi Lampung Ir. Hamartoni Ahadis, M.Si., mengapresasi inovasi yang ditelah dilakukan oleh para peserta. “Inovasi dapat mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mendorong tercapainya kesejahteraan masyarakat terutama di Provinsi Lampung”